PROFIL

Majalah SANTRI merupakan majalah nasional terdaftar di ISSN dengan nomor 2356-0436 (media cetak) yang diterbitkan oleh Santri Scholars’ Press. Santri Scholars’ Press adalah badan semi otonom (BSO) di bidang pers yang ada dalam naungan CSSMoRA Nasional. CSSMoRA adalah sebuah organisasi mahasiswa tingkat nasional beranggotakan alumni pesantren yang sedang menempuh pendidikan formal di perguruan tinggi. Beasiswa tersebut bernama Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang diberikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sejak tahun 2005.

Anggota CSSMoRA tersebar di berbagai perguruan tinggi yang ada di
Indonesia, yaitu: UIN Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Surya, STAINU Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), UIN Sunan Gunung Djati, UIN Walisongo, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Gajah Mada (UGM), UIN Sunan Ampel, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Islam Malang (Unisma), UIN Alauidin Makassar, dan Universitas Cendrawasih.

Majalah ini memiliki visi yang selaras dengan visi program beasiswa Kemenag RI, ialah untuk pengembangan dan pemberdayaan pesantren. Majalah SANTRI berupaya membuka cakrawala tentang pendidikan dan budaya dari sudut pandang Islam pribumi yang berkemajuan sesuai ajaran pesantren di Nusantara. Selain itu, Majalah SANTRI berusaha mengakomodasi keragaman budaya, minat, dan bidang kajian intelektual dari mahasiswa CSS MoRA. Keterampilan mengelola pers amat penting. Menilik kembali niat dasar PBSB untuk mempersiapkan sumber daya yang mumpuni di segala bidang, maka Majalah SANTRI hadir sebagai media pengembangan keterampilan jurnalistik. Atas dasar semua itulah Majalah SANTRI ini diwujudkan.