Mahasiswi KKN UIN Walisongo Ikuti Kegiatan Nariyahan Warga

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (UIN) yang tergabung dalam KKN RDR 75 kelompok 136 mengikuti kegiatan rutinan warga gang jambu. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah nariyahan.

Nariyahan merupakan sebuah tradisi/ritual keagamaan yang dilaksankan secara berjamaah disuatu majlis dengan membaca sholawat nariyah bersama-sama, memohon kepada Allah untuk mendapatkan keselamatan dan memperoleh syafaat Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan nariyah ini merupakan tradisi masrayakat Sabetan Barat Gang Jambu Wedung Demak dilaksanakan setiap malem senin legi setelah sholat isya’.

Isi kegiatan nariyahan yang pertama, membaca Khadroh, kedua membaca Istighfar 3 kali, ketiga membaca surat Al-Fatihah 3 kali, keempat membaca surah Al-Insyirah 3 kali, kelima membaca Surah Al-Qadr, keenam membaca Ayat Kusri dilanjutkan membaca sholawat Nariyah sebanyak 4444 setiap pelaksanaan nariyahan dan ditutup dengan doa.

Warga gang jambu sangat berantusias mengikuti kegiatan nariyahan yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali, yang diikuti dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa.

Menurut pak RT kegiatan nariyahan tersebut bernilai positif, karena dengan adanya kegiatan nariyahan warga menjadi semakin rukun dan harmonis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *